Jepang Gempa Lagi

TOKYO - Jepang lagi-lagi diterjang gempa bumi, kali ini kekuatannya mencapai 7,9 skala ricter (SR). Peringatan akan tsunami pun dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Sebelumnya dilaporkan pada Rabu kemarin bahwa gempa berkekuatan 7,2 SR mengguncang Jepang Rabu pagi. Gempa mengguncang gedung-gedung hingga ratusan mil dari Tokyo. Badan Meteorologi pun langsung mengeluarkan peringatan tsunami.

Saksi mata yang berada di lokasi mengatakan bahwa gempa bumi tersebut berlangsung selama 15 menit.

"Gempa bumi baru saja terjadi di Tokyo sekira 15 menit, pengunjung Disney Sea yang sedang menyaksikan Parade Disney pun gempar," demikian ujar Widi Nugroho Sahib, Head of Corporate PR-Soho Group, saat memberikan konfirmasi kepada Okezone.

Pusat Peringatan Tsunami Pasific mengatakan bahwa peringatan tsunami pun diluncurkan tidak hanya di Jepang, tapi juga di Rusia, Marcus Island dan juga wilayah utara Marianas. Pengawasan tsunami pun kini tengah dilakukan di wilayah kepulauan Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia dan juga Kepulauan Hawai.

Gempa yang menerjang pada pukul 2:46 waktu setempat berada di kedalaman 10 kilometer, sekira 120 kilometer dari pantai timur. Wilayah tersebut berada sekira 380 kilometer dari wilayah utara Tokyo.

Di pusat kota Tokyo, bangunan tinggi pun bergoyang, membuat para pekerja berhamburan untuk mencari perlindungan, demikian lansir Assiociated Press, Jumat (11/3/2011).